photo lineviral_1.png

6 Bibir : Bibir Atas, Bawah, Kiri, Dan Kanan menurut Primbon

Bibir - Selain mata, di antara bagian tubuh yang lain, bagian yang cukup sering mengalami kedutan adalah bagian bibir. Kedutan di bagian ini sering kali menimbulkan rasa risih yang tak tertahankan, lebih-lebih bila terjadi secara terus menerus dengan ritme yang kuat.

Merujuk pada pembahasan yang terdapat dalam kitab primbon Betal Jemur Adammakna, kedutan bibir nyatanya juga bisa menjadi pertanda alam mengenai suatu hal yang akan terjadi di hari esok. Pertanda tersebut bisa berupa firasat baik atau buruk, tergantung dari bagian bibir mana yang berkedut. Apakah bagian bibir kiri atas, kiri bawah, kanan atas, atau kanan bawah -masing-masing memiliki makna pertanda yang berbeda-beda.

Di kesempatan artikel kali ini kita akan membahas semua makna pertanda tersebut secara lengkap. Khusus bagi Anda yang baru saja mengalami kedutan di bagian bibir, silakan simak pembahasan berikut hingga selesai agar Anda tahu arti dari kedutan bibir yang Anda alami.

Bibir

Secara umum, primbon Betaljemur Adammakna yang dirangkum dari kitab babon kejawen oleh Kanjeng Pangeran Harya Tjakraningrat menyebutkan adanya 6 pertanda berkaitan dengan arti kedutan bibir.

 bagian yang cukup sering mengalami kedutan adalah bagian bibir 6  Bibir : Bibir Atas, Bawah, Kiri, Dan Kanan menurut Primbon Keenam pertanda tersebut disesuaikan dengan letak bibir yang mengalami kedutan. Perhatikan gambar ilustrasi di atas untuk mengetahui letak persis dari masing-masing bagian bibir!

1. Kedutan bibir atas kanan

Pertama, kedutan bibir atas kanan. Dalam primbon dikatakan bahwa barang siapa mengalami kedutan di bibir atas bagian kanan, maka diramalkan ia akan mendapat rejeki berupa pemberian makanan. Pada masa silam, makanan yang dimaksud bisa berasal dari kenduri, syukuran, atau acara semacamnya. Saya sendiri belum pernah meniteni benar tidaknya ramalan ini. Bagi Anda yang mengalami kedutan di area tersebut, silakan pastikan keakuratannya.

2. Kedutan bibir tengah atas

Ini merupakan kedutan yang menurut primbon bisa membawa petaka bagi orang yang mengalaminya. Disebutkan secara jelas bahwa barang siapa bibir atasnya berkedut di bagian tengah, maka ia diramalkan akan bertengkar dalam waktu dekat. Pertengkaran tersebut bukanlah pertengkaran fisik, melainkan pertengkaran mulut yang justru akan memunculkan rasa sakit hati yang dalam.

3. Kedutan bibir atas kiri

Kedutan di bagian bibir kiri atas termasuk salah satu kedutan yang cukup sering saya alami. Konon, menurut primbon, kedutan di area ini bisa menjadi alamat bahwa orang yang mengalaminya akan membicarakan keburukan seseorang. Yang saya alami sendiri, pertanda tersebut memang ada benarnya. Saya memang sering terpancing untuk mengungkap rahasia seseorang bila sedang bergosip, lebih-lebih bila sebelumnya mengalami kedutan di area tersebut.

4. Kedutan bibir bawah kanan

Seseorang yang mengalami kedutan di area bibir bawah kanan diramalkan akan memperoleh suatu kenikmatan. Bila ia sedang sakit, ia mungkin akan sembuh dalam waktu dekat. Bila sedang sehat, ia mungkin akan mendengar kabar baik atau memperoleh sesuatu yang menyenangkan. Saya sendiri jujur belum pernah membuktikan apakah ramalan ini benar atau tidak.

5. Kedutan bibir tengah bawah

Berbeda dengan kedutan bibir tengah atas, arti kedutan tengah bibir bawah justru membawa pertanda baik. Orang yang mengalaminya disebut primbon akan makan enak dalam waktu dekat ini. Saya sendiri memang kerap memperoleh undangan hajatan setiap kali kedutan terjadi di area tersebut. Entah benar atau tidak, namun begitulah adanya.

6. Kedutan bibir bawah kiri

Percaya tidak percaya, faktanya kedutan inilah yang paling sering saya buktikan kebenaran ramalannya. Sebagaimana tertulis dalam primbon, barang siapa mengalami kedutan bibir kiri bagian bawah, maka alamat ia akan menerima uang dalam jumlah besar pada beberapa hari mendatang. Alamat tersebut nyatanya sering terjadi pada saya setelah mengalami kedutan tersebut, yah walaupun uang yang saya terima bukan selalu uang milik saya pribadi sih.

Nah, para pembaca sekalian, mungkin itulah rangkuman singkat yang dapat saya berikan mengenai pengalaman saya beserta rangkuman primbon tentang arti kedutan bibir. Anda bisa menjadikannya sebagai rujukan, asalkan jangan menjadikannya sebagai pegangan. Ingatlah bahwa segala sesuatu tentang masa depan semuanya berpulang atas kehendak-Nya. Semoga bermanfaat!
Sumber https://www.artikedutan.net/
Buat lebih berguna, kongsi:
close